Salah Jurusan? Salah Satu Jalan Menuju Roma!

NGANARASA.COM, Jakarta - Apakah Anda termasuk salah satu yang merasa salah memilih jurusan ketika kuliah? Jika ya, oh yeah i'm not alone! Hidup memang tidak selalu akan berjalan sesuai keinginan kita. Tidak selalu akan seperti apa yang kita bayangkan!
Salah Jurusan? Salah Satu Jalan Menuju Roma!
Teknik Informatika. Salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari disiplin ilmu transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Itulah jurusan yang saya pilih ketika kuliah. 

Menjalani perkuliahan salah jurusan awalnya sangat membuat terbeban. You know, mempelajari hal-hal yang bahkan tidak ingin kita dengarkan. Rasanya, keraguan dan ketidaknyamanan selalu akan datang menghantui membawa pertanyaan-pertanyaan.

Ada saat dimana salah jurusan ini membuat galau, gamang. Membuat kita merasa seperti sudah berjalan jauh dan akan segera berada pada suatu persimpangan, dan kita harus segera memutuskan untuk menuju kemana karena persimpangan semakin dekat. Sangat membingungkan.
Salah Jurusan!

"Apakah saya harus segera mencari jurusan lain yang sesuai? Atau saya hanya perlu belajar saja, karena inilah yang harus saya lakukan?"

Beruntungnya, saya memiliki teman-teman yang akhirnya membuat saya tidak ingin kemana-mana dan hanya ingin berjalan bersama mereka hingga perkuliahan selesai, menuju sarjana. Ya, walau terkadang saya mengeluh karena jurusan ini tidak sesuai. Tapi, tidak ada yang bisa menjamin kan bahwa jurusan yang saya ambil benar-benar salah? 
Teknik Informatika Institut Teknologi Indonesia
"Bagaimanapun caranya, saya harus menyelesaikan perkuliahan ini!". Itulah kalimat yang selalu saya katakan dalam hati sebagai motivasi diri. Membanggakan dan membahagiakan orang tua tentu bukan hal yang salah kan? Jadi saya harus segera menyelesaikannya. 

Bulan Oktober tahun 2014 lalu, saya menyelesaikan sidang Tugas Akhir dan lulus menjadi seorang sarjana Teknik. Saya bisa berbangga diri, karena bisa lulus walau salah jurusan. Dan akhirnya saya menyadari, salah jurusan bukan akhir dari segalanya.

Jika satu pintu tertutup, pasti ada banyak pintu ditempat lain yang terbuka untuk kita. Mungkin dengan ijazah yang kini saya punya, banyak pintu yang bisa saya buka sendiri. Banyak jalan menuju Roma, kan? Jangan sampai kesalahan memilih jurusan, menghilangkan masa depan yang cerah. 


Related Posts

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *